Friday, January 02, 2009

Green Living: Berhematlah!

Dulu saya selalu berpikir bahwa tindakan penghematan selalu terkait dengan masalah keuangan. Kita mengurangi pengeluaran untuk suatu barang atau keperluan, demi menyisakan beberapa rupiah di tabungan atau untuk pengeluaran yang lain. Misalnya, saat jaman kuliah dulu untuk bisa belanja kaset di Aquarius-Dago, saya harus berhemat makan siang atau mengurangi pengeluaran untuk jajan. He he he...

Akibatnya, dengan pemikiran seperti itu saat mempunyai banyak uang, saya merasa tidak perlu berhemat. Misalnya, mengapa harus mematikan lampu dan mengurangi nyala TV kalau kita mampu membayar tagihan PLN? Mengapa harus berhemat air, kalau kita mampu membayar tagihan PAM?  

Dengan berjalannya waktu dan kedewasaan, saya sadar bahwa tindakan berhemat tidak semata terkait dengan keuangan. Itu hanya salah satu kebaikan dari berhemat. Kebaikan lain adalah kita turut mengurangi eksploitasi terhadap sumber daya alam. Dan ini jauh lebih berarti dari sekadar isu finansial. Kalau dipikir, mungkin kita mampu membayar seberapa pun besarnya tagihan atau mampu membeli bensin untuk kendaraan kita, tapi mampukah kita mengganti sumber daya alam yang kita hamburkan dengan segera, dalam waktu yang cepat? Butuh sekian tahun, bahkan puluhan hingga ribuan tahun untuk menciptakan minyak bumi yang baru atau air tanah yang baru. Dan itu pun tidak mudah, apabila hutan semakin lama semakin gundul. 

Mungkin sebagian orang menganggap hal ini berlebihan. Lebay... kata abg saat ini. Sebesar apa sih penghematan yang dapat kita lakukan? Mungkin hanya 0,01 %, bahkan lebih kecil lagi. Apalah artinya pengurangan se-mikro itu? Lagi pula, masalah sumber daya alam masa depan kan pasti ada penyelesaian, pasti ada penemuan canggih yang akan mengatasinya. Mengapa kita memikirkan sejauh itu, sampai ribuan tahun? Toh, kita hidup paling seumur 70-80an tahun. Coba pikirkan dan renungkan kembali. Penghematan kita memang kecil, bahkan seukuran mikro atau nano, tapi coba kalau seribu orang melakukannya, sejuta, sepuluh juta dan terus bertambah setiap hari... Hmmm berapa banyak yang dapat kita hemat? Kecuali kalau kita memang bersikap tak peduli dan egois.

So, berhematlah dari sekarang... sekecil apa pun. Dan, tentu saja, sewajarnya. Bedakan berhemat dengan bersikap pelit, walau kadang-kadang terlihat beda tipis. Selamat tahun baru!  

  

No comments: