Saturday, January 03, 2009

Green Living: Do It Online!

Salah satu upaya ikut memperlambat global warming adalah mengganti lembar tagihan/rekening koran ke dalam bentuk online alias email. Apa kaitannya ya? Pada awalnya saya juga sempat bertanya-tanya. Ternyata rangkaian kegiatan yang menghantarkan sepucuk surat berisi 1-2 halaman kertas itu ke alamat kita sangat tidak ramah lingkungan. Lebay #5? Tidak juga. Coba kita perhatikan. 

Penggunaan kertas yang pada akhirnya segera masuk ke tong sampah itu--kita tak akan pernah lama menyimpannya--sudah termasuk eksploitasi alam. Ingat bahan dasar penciptaan kertas yang bisa menumbangkan banyak pohon di hutan! 

Kedua, untuk sampai ke tangan kita ada kurir yang mengantarkannya dengan bersepeda motor, jarang yang naik sepeda kecuali si kurir anggota bike2work he he he. Kenapa memangnya? Tentu saja, si kurir memerlukan bensin, belum lagi polusi gas buangan dari knalpotnya yang dikeluarkan sepanjang perjalanan.  

Demikian juga untuk pembayaran tagihan. Lakukan secara online. Online banking is good, guys. 

Hal lain yang terkait dengan hal ini, terutama bagi mereka yang bekerja di penerbitan atau berprofesi sebagai editor buku. Sebaiknya pengeditan atau koreksi naskah dilakukan secara elektronik atau di komputer. Bukan contreng-contreng hasil print-out. Kecuali sangat terpaksa, misalnya untuk naskah-naskah yang sulit dilakukan penyuntingan secara elektronik. Pengiriman naskah ke editor freelance pun dapat dilakukan melalui e-mail. Itu baru namanya editor peduli lingkungan. Bravo!  

No comments: