Tuesday, April 21, 2009

Aplikasi untuk iPhone dan iPod

Ada banyak pilihan aplikasi untuk iPhone dan iPod touch yang tersedia di App Store. Untuk mengunduhnya, kita cukup membuka App Store yang ada di iPhone dan iPod atau di iTunes yang sudah terpasang di PC atau Mac. Khusus untuk mengunduh melalui iPod, kita harus berada dalam zona wifi. Selain aplikasi berbayar, rata-rata harganya hanya US$0,99/aplikasi, banyak juga yang free alias gratis. 




Aplikasi-aplikasi ini dikelompokkan dalam beberapa kategori, di antaranya:
- Books
- Business
- Entertainment
- Finance
- Games
- Lifestyle
- Music
- News
- Reference
- Social Networking 
- Travel 

Untuk kategori games, banyak sekali yang tersedia, di antara games yang terkenal adalah Diner Dash, Sally's Spa, Racing Live, Ferrari GT Evolution, Catcha Mouse, Touch Hockey dan ribuan games lain yang terdapat versi PC-nya. Bermain game di iPhone sendiri membawa sensasi tersendiri. Selain kontrol game bisa dilakukan dengan sentuhan jari, juga kadang-kadang menggunakan "shaking"saat mengocok dadu atau  iPhone kita bisa berfungsi sebagai stir saat bermain game balapan.
 
Untuk kategori reference dan produktivity, kita bisa unduh berbagai macam kamus dan iConvert yang dapat mengkonversi berbagai ukuran yang berlaku di dunia. Ada juga e-book yang bisa kita baca di saat senggang dan sebelumnya kita unduh secara gratis di kategori Books. 

Untuk aplikasi lokal, kita bisa mengunduh TransJakarta yang berisi peta rute BusWay semua koridor dan urutan halte-haltenya. Kita juga bisa membaca detik.com dan Kompas. Ada lagi aplikasi BuUuK yang berisi daftar restoran yang ada di Jakarta, lengkap dengan peta lokasi dan review serta kisaran harganya. 

Bagi kaum muslim, aplikasi iQuran, iPray dan iZakah layak untuk diunduh. iQuran adalah Al-Quran versi digital. Selain tulisan dan terjemahan dalam bahasa Inggris, iQuran juga bisa bersuara apabila kita unduh melalui situs penyedia aplikasi ini, pengunduhan audio ini gratis. Sedangkan iPray adalah jadwal sholat di berbagai negara, termasuk Indonesia. iPray ini bisa kita set bersuara azan pada setiap memasuki waktu sholat. Dan juga dilengkapi kompas penunjuk arah kiblat. iZakah adalah alat penghitung zakat.  


iPray



iQuran



Tampilan layar iPhone atau iPod touch kita bisa terdiri banyak halaman dengan semua aplikasi yang jumlahnya ribuan ini. Hmmm dengan begitu banyak aplikasi, rasanya semua hal yang kita butuhkan ada dalam satu genggaman.     
 

No comments: