Tuesday, June 04, 2013

Windows 8: Tak Kenal Maka Tak Sayang



Selama ini sebagian besar dari kita telah terbiasa melakukan pekerjaan kantoran maupun rumahan di komputer berplatform Windows. Bertahun-tahun Microsoft dengan Operating System Windows-nya dan paket softwareMicrosoft Office telah mewarnai hari-hari kita. Ibaratnya dengan tutup mata kita tahu bagaimana harus memulai membuat file baru, menyuntingnya, dan mencetaknya menggunakan Word dan Excel. Dan kita juga terbiasa membuat dan menampilkan materi presentasi melalui Power Point. Oleh karena itu, bisa dikatakan Microsoft Office adalah satu set software terbaik untuk urusan pengolah kata, data, dan presentasi.

Kemudian  ketika mobilitas tinggi menuntut kita memiliki perngkat mobile seperti smartphone dan tablet, kita pun berharap perangkat tersebut dapat membantu kita melakukan tugas kantoran yang selama ini kita lakukan di komputer. Bahkan saat pertama kali muncul perangkat tablet dengan sifat dan jenis penggunaan yang khas, masyarakat masih belum bisa menerima. Masih banyak dari kita mencoba membandingkan komputer tablet dengan laptop, terutama untuk software pemroses kata dan data. Lalu serta-merta cap hiburan dan game lebih menempel pada penggunaan tablet karena tablet seakan-akan memiliki kekurangan dalam urusan kerja dan bisnis.

Pahadal tablet sebetulnya mampu mendukung aktivitas kantoran, tetapi dengan caranya tersendiri. Ada semacam mindset yang harus diubah. Aplikasi adalah jawaban bagi tablet dalam mendukung aktivitas kantoran dan bisnis. Oleh karena itu, banyak sekali aplikasi yang dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Ada beberapa aplikasi yang mampu melakukan tugas kantoran tersebut dengan baik, tetapi tidak sedikit yang tidak bekerja sesempurna Microsoft Office yang selama ini kita kenal. Aplikasi-aplikasi semacam ini sepertinya hanya bersifat asal ada.

Microsoft dengan OS Windows 8 terbaru berusaha menghadirkan kenyamanan kita menangani dan mengelola file Word, Excel, dan Power Point tersebut. Integrasi Windows 8 versi PC dengan versi tablet dan smartphone diharapkan dapat menghilangkan kekhawatiran kita terhadap tidak kompatibilitas aplikasi yang ada di tablet dengan komputer desktop. Dukungan cloud system melalui SkyDrive juga memberi pengguna ruang penyimpanan gratis hingga 7 GB yang bisa diakses dari mana saja dengan berbagai perangkat, baik PC maupun smartphone dan tablet. 


Selengkapnya di Kompasiana

No comments: