Monday, June 10, 2013

Windows Phone Menempati Posisi Ketiga, Mengalahkan BlackBerry



Hingga saat ini setidaknya ada empat besar OS (operating system) yang diusung oleh perangkat teknologi mobile, smartphone dan komputer tablet, yakni iOS, Android, Windows Phone, dan BlackBerry. Memang dua OS pertama yang penulis sebut memiliki dominasi cukup kuat di pasar saat ini. Akan tetapi, seperti laporan yang disampaikan oleh IDC Worldwide baru-baru ini, Windows Phone pada kuartal pertama 2013 menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan yakni hingga 133% (dari 2% ke 3,2%), mengalahkan BlackBerry yang pamornya terus merosot.

Meskipun hanya menempati posisi ketiga dalam pangsa pasar OS di dunia, Windows Phone memiliki peluang besar untuk menguatkan posisinya. Dengan semakin bertambahnya brand kelas dunia yang mendukung Windows Phone, Microsoft tidak perlu khawatir untuk kehilangan muka dalam kancah persaingan teknologi ini. Setelah Nokia menjadi partner utama dalam mengusung Windows Phone, brand seperti HTC, Acer, Asus, dan Samsung juga tidak ingin ketinggalan meramaikan dengan memproduksi smartphone dan tablet berplatform Windows Phone 8.
 
Jumlah 100 juta lisensi Windows 8 terjual dalam enam bulan pertama seperti yang dinyatakan dalam blog resmi Windows adalah  hasil yang tidak bisa diremehkan begitu saja. Belum lagi pertumbuhan jumlah aplikasi di Windows Store yang enam kali lipat sejak diluncurkan adalah pertanda yang sangat baik. Konon pertumbuhan jumlah ini melampaui apa yang telah dicapai Apple dengan App Store-nya pada saat yang sama.

Selengkapnya

No comments: