Monday, January 31, 2005

Movie of The Week- Enduring Love

Director: Roger Michell
Scriptwriter: Joe Penhall
Production: Paramount Pictures, 2004
Location: UK


Suka film-film Eropa, terutama Inggris? Nah, film ini patut ditonton. Seperti kebanyakan film Inggris lain, film ini berkisah tentang kejadian sehari-hari yang kadang-kadang tidak kita duga.

Joe (Daniel Craig) berencana untuk piknik sama ceweknya, Claire (Samantha Morthon) di pinggiran kota Oxford. Sore itu sebetulnya Joe ingin membuat piknik yang spesial, yakni dengan melamar Claire. Tapi sebuah insiden balon terbang yang lepas, di mana seorang bocah laki-laki terbawa terbang, membuyarkan rencana itu. Joe bersama beberapa orang yang ada di taman berusaha menolong. Tapi apa daya, balon terbang itu melambung tinggi dan mereka berjatuhan. Insiden itu akhirnya menewaskan salah seorang penyelamat dengan cara yang mengenaskan.

Bayangan insiden itu selalu menghantui pikiran Joe. Hingga suatu hari ia menerima telepon dari salah satu penyelamat, Jed (Rhys Ifans). Jed merasa mereka berdua telah berbagi powerful moment dan mempunyai ikatan khusus di antara mereka. Sementara itu, Joe mulai merasa terganggu dengan kehadiran Jed yang selalu mengikutinya.

Plot cerita film yang diangkat dari novel Ian McEwan ini berjalan mengalir dengan penggambaran adegan Joe yang kelihatan selalu depresi. Sikap Joe ini tentu saja sangat berpengaruh pada Claire dan orang-orang di sekitarnya. Kehadiran Jed yang betul-betul annoying membuat jalinan cerita semakin keruh.

Dengan tampang bintang-bintang Inggris yang “orang-orang tetangga gue” (tidak cakep-cantik layaknya bintang Hollywood) dan akting yang natural dan meyakinkan membuat film ini sangat intens menohok pikiran kita. Awalnya, memang kita akan merasakan film ini boring (terutama yang tidak biasa nonton film Inggris). Tetapi, dengan bangunan konflik yang meningkat perlahan, you gonna love it. Two thumbs up!


No comments: