Thursday, February 17, 2005

Vera Drake: Wife. Mother. Criminal

Director: Mike Leigh
Actors: Imelda Staunton, Phil Davis, Peter Wight, Daniel Mays
Production: UK Film Council & Inside Track Films, 2004
Location: UK

Vera Drake adalah seorang ibu biasa yang hidup di tengah kota London pada tahun 1950-an. Sehari-hari ia bekerja membantu keluarga-keluarga kaya membereskan rumah mereka. Mencuci, mengepel, dan perkerjaan rumah lain. Termasuk, kerja yang ia sebut sebagai “helping girls out.”

Pada masa itu sering kali terjadi kehamilan yang tak diinginkan di kalangan perempuan Inggris. Entah itu karena free sex, pemerkosaan dan kebobolan. Vera Drake yang selalu ramah siap membantu mengatasi masalah mereka dengan suka rela. Tanpa bayaran.

Hampir separuh dari film ini menunjukkan aktivitas Mrs Drake sehari-hari. Keluar masuk rumah besar, bekerja, termasuk aktivitas helping girls out dengan peralatan sederhana, lalu pulang. Di rumah Vera pun selalu tampil sebagai wonderful mom. Tetap mesra dengan suami kendati usia mereka sudah tidak muda lagi dan tetap perhatian kepada kedua anaknya. Sebuah gambaran keluarga sederhana nan bahagia.

Peristiwa tak terduga akhirnya terjadi ketika polisi harus menjemput Mrs Drake dari rumah untuk dibawa ke kantor polisi. Saat itu mereka sedang menyelenggarakan jamuan makan malam menyambut pernikahan puteri mereka. Mr. Drake beserta anak-anaknya tidak menyadari apa yang sedang terjadi dan Vera Drake mencegah polisi untuk menjelaskan kasus yang sedang menimpanya kepada keluarganya.

Pergulatan bathin Vera Drake menghadapi masalahnya serta kecemasan keluarganya terhadap apa yang sedang terjadi mewarnai separuh akhir film.

Sebuah film dengan penggambaran sederhana namun dengan casting yang kuat sehingga menampilkan adegan-adegan yang efektif. Kita betul-betul dibuah bersimpati dengan tokoh yang sebetulnya “criminal”. Mrs Vera Drake sang penjagal bayi. Imelda Staunton layak diacungi dua jempol. FYI, film ini dapat award di Venice Film Festival untuk Best Film dan Best Actress.

No comments: