Saturday, August 30, 2008

Penyanyi komat-kamit

Akhir-akhir ini banyak penyanyi Indonesia yang tampil di TV melakukan lip sync alias cuma komat-kamit menirukan suara yg keluar dari player. Sepertinya ini sebuah kemunduran. Mengingatkan pada acara musik TVRI jadul. Penonton dikelabui dengan suara merdu seperti aslinya dalam kaset. Padahal suara yang benar-benar asli dari sang penyanyi kagak karuan. Apa lagi pada era 80-an waktu itu banyak penyanyi "karbitan" yang hanya mengandalkan wajah. Suaranya dipoles sana-sini jadi serba melengking seragam. Keseragaman ini gak cuma model suara dan lagu, tapi juga model sampul kasetnya. Standar banget.

Kembali ke masalah lipsync, di antara penyanyi yg sering saya saksikan melakukannya adalah Mulan Jameela (d/h Mulan Kwok), terus Dewi-Dewi di awal-awal pemunculannya. Meskipun sekarang kelompok vokal (bukan kelompok komat-kamit ya) ini mulai mencoba setengah-setengah menyanyi live. Dan beberapa penyanyi baru lainnya.

Kalau gak hanya komat-kamit, biasanya penyanyi jenis ini kalau sedang tampil langsung (live) sering banget melemparkan mike ke arah penonton pada nada-nada tinggi yang tidak mampu mereka capai. Sebuah trik yang terlalu ketahuan.

Padahal keindahan menonton penyanyi tampil live terletak pada "keaslian" suaranya. Kadang-kadang kalau penyanyi yang bagus, justru suara live-nya terdengar lebih bagus dari suara rekaman di CD/kaset. Seakan-akan ada "jiwa"-nya.

Tapi, ya sudahlah, gak usah berharap terlalu banyak pada sebagian penyanyi jenis komat-kamit itu.

1 comment:

Ratih Soe said...

Mungkin mereka sambil menghafal skenario sinetron, atau merapalkan mantera awet muda?