Wednesday, July 09, 2008

Nama-nama Anak Mewakili Jaman

Minggu ini menyeruak berita kelahiran anak perempuan Nicole Kidman dan Keith Urban yang diberi nama Sunday Rose. Nama yang agak aneh, bahkan menurut ukuran orang Amerika atau Barat. Katanya sih, di Amerika memang sedang musim orang tua memberi nama bayi-bayi mereka dengan nama-nama yang tak biasa.

Contoh nama tak biasa lain adalah anak Gwyneth Paltrow - Chris Martin, Apple Blythe Alison yang berbau buah-buahan, anak Sting - Frances Tomelty yang beraroma warna, Fuchsia Catherine dan anak Jamie Oliver (si juru masak kondang) dengan Juliette Norton yang berbau tanaman, Poppy Honey.

Kalau di Indonesia, sempat juga muncul nama aneh seperti anaknya Melly - Anto Hoed, Anak Lelaki (kalau gak salah). Dulu saya juga punya teman yang namanya antik, Muda Harapan dan Jenjang Gelora. Orang tuanya memang super kreatif.

Di Amerika sempat tercatat nama-nama populer pada zamannya. Pada era 1950an katanya nama-nama populer adalah:

1. James / Linda
2. Robert / Mary
3. John / Patricia
4. Michael / Barbara
5. David / Susan
6. William / Nancy
7. Richard / Deborah
8. Thomas / Sandra
9. Charles / Carol
10. Gary / Kathleen

Dan tahun lalu yang populer adalah:

1. Jacob / Emily
2. Michael / Isabella
3. Ethan / Emma
4. Joshua / Ava
5. Daniel / Madison
6. Christopher / Sophia
7. Anthony / Olivia
8. William / Abigail
9. Matthew / Hannah
10. Andrew / Elizabeth

Begitu menurut catatan US Social Security Administration. Kalau di Indonesia mungkin bisa dilihat beberapa waktu lalu sempat populer nama-nama seperti: Salsabila, Zahra, Nasywa, Dea, Nadira, Amelia untuk perempuan dan nama-nama Raihan, Daffa, dan Farrel untuk laki-laki.

Film-film dan nama selebriti, seperti juga di Amerika, di Indonesia juga banyak mempengaruhi pemberian nama anak. AADC mungkin mempopulerkan nama Rangga dan Cinta, terus Ayat-ayat Cinta mungkin akan mencuatkan kembali nama Aisya dan Noura atau Naura (kebetulan anakku bernama sama, tapi sudah 8 tahun lalu, lho).

Lalu ke mana nama-nama khas Indonesia (Jawa?) seperti Tukinem, Sarinah, Pariyem, Paijo, Dulkamdi, Marijan? Jangan khawatir, mode akan selalu berulang, dan nama-nama antik seperti itu pun kemungkinan akan hadir kembali. Hal ini sudah dimulai oleh Oppie Andaresta yang memanggil anaknya dengan Bejo.

1 comment:

Anonymous said...

coba link ini aja...siapa tau bisa b'manfaat untuk para orang tua...
http://www.melindahospital.com/melindahospital/modul/user/baby_name.php

Loading...
Winamp windows Media Player Real Player QuickTime Web Proxy
Song (artist/title):
Dedicated to:
Your name:
Your E-mail: