Wednesday, July 09, 2008

Pak Freddy: Di mana Sekarang?

Mengenang masa lalu selalu menyenangkan. Demikian juga saat mendengar cerita dari teman-teman milis alumni sekolah. Ada-ada saja kelucuan, keluguan, maupun kewaguan jaman dulu yang bikin sekadar tersenyum simpul, nyegir bahkan ngakak. Hal itu bisa tentang teman-teman atau guru-guru kita.

Salah satu guru yang sampai saat ini masih "nempel" di benak saya adalah Pak Freddy Arifin, guru bahasa Inggris SMP Negeri 1 era 80an. Apa yang membuat begitu? Cara ngajar Pak Freddy ini sangat unik. Sangat teatrikal. Dia selalu hadir di kelas dengan cara-cara yang gak wajar. Tiba-tiba meloncat-loncat dari pintu kelas. Jalan mundur. Atau terlebih dahulu menjulurkan kepalanya dengan gaya kartun. Hmmm pokoknya bikin kita terbahak-bahak.

Tidak hanya cara masuk kelas. Waktu mengajar pun ia selalu bikin "ulah" yang membuat kita terhibur. Kadang-kadang ia beraksi sebagai Julius Caesar atau tokoh-tokoh terkenal lain dan mencontohkan gaya berbicara dalam bahasa Inggris. Suatu saat ia melompat ke atas meja dan berdiri di sana sambil menjelaskan grammar atau struktur kalimat. Wah pokoknya dua jam pelajaran itu terasa sangat menyenangkan. Mirip-mirip dengan tokoh guru John Keating dalam film Dead Poets Society yang dimainkan Robin Williams deh. Padahal saat itu film tersebut belum diproduksi.


Gak heran saya menempatkan Pak Freddy sebagai salah satu guru favorit sepanjang hidup saya. Setelah lama gak ketemu, saya sering bertanya-tanya di mana sekarang Pak Freddy ini? Setahu saya, saat saya SMA Pak Freddy pindah ngajar ke Jakarta atau ke kota lain. Ada yang tahu informasinya?

2 comments:

abdullah said...

Waduh ternyata yang masih ingat Pak Guru yang nyentrik itu ya Mas D-Joe juga. Beliau kini sedang mengambil S3 Manajemen Ekonomi Unibraw setelah lulus S2 Ikip Negeri Rawamangun sekarang UNJ karena memang ingin memberi contoh bahwa belajar sampai akhir hayat dan mengajar dengan hati. Segala sesuatu dibicarakan dengan hati Ya It is better to talk heart to heart than logically discussion. Alamat: Jl HR Rasuna Said Kaveling X2-2 Jakarta Selatan

Catfish DJ said...

mas abdullah ini tentunya mantan murid beliau juga ya? angkatan berapa mas di SMP 1? ada nomor kontak pak freddy?

Loading...
Winamp windows Media Player Real Player QuickTime Web Proxy
Song (artist/title):
Dedicated to:
Your name:
Your E-mail: