Tuesday, July 15, 2008

Terapi Hukuman untuk Naura

Tadi malam kami melakukan "terapi hukuman" buat Naura, anak kami. Ceritanya begini, akhir-akhir ini setelah liburan panjang, jadwal kegiatan Naura jadi berantakan. Malas belajar, enggan main piano, dan adanya main melulu serta nonton TV. Hingga tadi malam, kami setengah memaksanya untuk berlatih piano, selain karena sudah lama tidak mendengar denting alunan musik dari jemari anak semata wayang, bulan depan ia akan ujian kenaikan tingkat.

Setengah terpaksa Naura mulai beraksi di depan piano (sebetulnya Yamaha PSR-E313 aja, karena belum mampu membeli upright atau grand piano, he he he). Mulai dia memainkan "Indian War Song" dengan banyak nada yang salah, lalu "Dance of The Wooden Shoes" yang agak-agak terpeleset. Saya sempat berkomentar kalau nada-nada yang dimainkan ada yang salah. "Serius, dong Naura!"

Ketika tiba pada lagu "The Choir", ia sempat berhenti lama. "Ada apa Naura?" tanya saya. "Sedang cari kunci nada?" jawab Naura sambil mencoba-coba tuts piano dan terdengar suara yang agak gak karuan. Lama sekali ia mecoba-coba dan belum juga memulai memainkan lagu. Kami, saya dan ibunya, sempat kesal juga.

"Ya sudah, kamu di situ saja sampai bisa memainkan lagunya," ujar sang ibu. Dari lagaknya Naura agak "rewel." Nada-nada yang keluar semakin gak jelas ditingkahi dengan suara hentakan kaki dan keluhan yang membuat kami jengah.

"Jangan berdiri, kalau belum ketemu nada yang kamu cari!" titah sang bunda. Mulai deh Naura menitikkan air mata. Sebetulnya saya merasa kasihan, namun kata istri saya, "Sekali-sekali harus dikerasi dan diberi pelajaran." Hingga jam 9 malam, Naura masih ngejogrok di depan keyboard hingga akhirnya istri saya menyuruh dia mengambil air wudlu untuk shalat Isya' dan pergi tidur. Sebelumnya, sang ibu bertanya pada Naura, apa yang membuat kami meng-"hukum"-nya. Dan Naura, sepertinya, menyadari kesalahannya. Sejak saat itu kami bersepakat untuk membuat "jadwal" menonton TV dan bermain piano. Cukup 1 jam sehari nonton TV dan minimal 1/2 jam berlatih piano. Fair enough!

No comments:

Loading...
Winamp windows Media Player Real Player QuickTime Web Proxy
Song (artist/title):
Dedicated to:
Your name:
Your E-mail: